TUGAS SOFTSKIIL IMK (INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER)

Standar

SOAL IMK:

1.APA YANG MENDASARI MUNCULNYA IMK (INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER)?

2.JELASKAN MENGENAI DISIPLIN ILMU APA SAJA YANG TERLIBAT DALAM IMK DAN KETERLIBATANNYA?

3.BERIKAN KESIMPULAN ATAS IMK TERSEBUT?

JAWABAN:

1. Kemajuan teknologi jaringan khususnya dalam bidang internet kini terus berkembang. Arus informasi semakin cepat dan mudah diakses. Berbagai situs baru dengan fitur beragam kian meramaikan arus informasi di dunia maya. Banyaknya situs yang beredar menyebabkan para pengembang terus bersaing untuk meningkatkan jumlah pengunjung situs.

Suatu situs yang ramai didatangi pengunjung dan memiliki kredibilitas tinggi di mata pengguna, tentu tidak memperolehnya secara instan. Agar dapat tetap bertahan, sebuah situs perlu memperhatikan berbagai aspek baik dari segi usability, user experience, user interface hingga faktor-faktor interaksi manusia lainnya. Hal inilah yang mendasari munculnya berbagai penelitian dalam bidang pengembangan situs. Meski penilaian terhadap aspek interaksi manusia bersifat subjektif, para pakar memberi gambaran umum mengenai kriteria apa saja yang dapat dijadikan panduan sebuah situs yang baik.

2. Web Usability

  • Definisi Usability

Usability adalah istilah yang dipakai untuk menjelaskan kemudahan yang didapat seseorang dalam menggunakan sebuah alat atau obyek ciptaan manusia lainnya dalam mencapai sebuah tujuan. Pada analisis kali ini akan dilakukan pengkajian dari segi usability untuk mengetahui seberapa mudah situs dapat digunakan untuk menyelesaikan task-task yang ada.

  • Mengapa Usability Penting?

Web Usability merupakan cerminan dari kebiasan yang umumnya dilakukan pengguna situs. Menurut pakar usability, Jakob Nielsen, memperhatikan usability sangat penting agar sebuah situs dapat bertahan. Situs yang memiliki usability tinggi memiliki peluang untuk lebih sering dikunjungi. Umumnya pengguna ingin mendapatkan informasi secara cepat dan jika sebuah situs gagal dalam menunjukkan secara jelas apa yang dapat dilakukan dengan situs tersebut, pengguna cenderung akan langsung meninggalkan situs dan beralih ke situs lain.

  • Bagaimana mengukur Usability?

Secara umum cara mengukur dan menilai usability sebuah situs bersifat relatif dan bergantung pada bagaimana pengguna dapat menyelesaikan sekumpulan task. Menurut Jakob Nielsen terdapat beberapa ukuran umum yang dapat dijadikan patokan dalam mengukur usability, yakni :

1. Success Rate

Success rate merupakan tingkat kesuksesan pengguna dalam menyelesaikan semua task yang ada pada situs.

2. The Time a Task Requires

Waktu yang dibutuhkan pengguna untuk menyelesaikan sebuah task

3. Error Rate

Tingkat kesalahan yang dilakukan pengguna saat menyelesaikan task.

4. Users’ Subjective Satisfaction

Tingkat kepuasan pengguna dalam menyelesaikan sebuah task.

 

  • Web User Experience

Definisi Web User Experience

 

Web User Experience merupakan pengalaman seberapa sering seorang pengguna menggunakan situs tertentu dan seberapa besar pengalaman pengguna dalam

menyelesaikan sebuah task dalam situs. Berdasarkan pengalaman dalam menggunakan situs, pengguna dapat terbagi atas dua kategori, yakni:

1. Low-experience users

Pengguna dikatakan sebagai low-experience users jika pengalaman mereka dalam menggunakan situs kurang dari tiga tahun, mengakses situs kurang dari 10 jam perminggu, memiliki kurang dari sepertiga kebiasan pengguna situs tingkat lanjut, serta menanyakan orang lain untuk membenahi komputer mereka, tidak berkonsultasi atau mencari keterangan untuk isu teknologi.

2. High-experience users

Pengguna dikatakan sebagai High-experience users jika mereka telah online minimal 4 tahun, menggunakan web lebih dari 10 jam dalam satu minggu, memiliki lebih dari sepertiga kebiasaan pengguna situs tingkat lanjut, memperbaiki problem pada komputer mereka sendiri, dan merupakan sumber atau konsultan teknologi untuk orang lain.

  • Mengapa User Experience Penting?

 

Menurut Hukum Jakob’s tentang User Experience: ”Pengguna menghabiskan sebagian besar waktu pada website lain. Oleh karenanya segala sesuatu yang sudah merupakan konvensi dan digunakan dalam sebagian besar situs akan tertanam dalam otak pengguna.

Sebuah situs yang memperhatikan aspek user experience akan mempermudah pengguna untuk mengingat fitur-fitur situs dan hal ini dapat menarik pengunjung untuk kembali mengunjungi situs tersebut. Mempelajari karakteristik pengalaman user yang menggunakan situs juga penting bagi web designer untuk mempertimbangkan apakah fungsi dalam situs dapat dijalankan dengan baik atau tidak oleh target pengguna baik yang memiliki pengalaman rendah maupun pengguna yang sudah menjadi pelanggan.

  • User Interface

Definisi User Interface

User interface merupakan salah satu aspek penting dalam perancangan situs untuk mengkomunikasikan fitur-fitur sistem yang tersedia agar pengguna mengerti dan dapat menggunakan sistem tersebut.

  • Mengapa User Interface Penting?

Keuntungan sebuah situs dengan memiliki user interface yang baik diantaranya:

1. Instilling confidence

Sebuah situs yang dibangun dengan user interface yang baik dapat meningkatkan kepercayaan pengguna terhadap data yang mereka lihat.

 

2. Improving discoverability of data

Pengguna menjadi lebih cepat dan efektif dalam menemukan data yang dicari karena tampilan antarmuka situs yang mempermudah pencarian.

3. Short-circuit thinking

User interface yang baik dapat membantu pengguna untuk tidak menghabiskan banyak waktu dalam berfikir mengenai cara penggunakan suatu fitur tertentu di dalam situs.

 

 

 

 

3.KESIMPULANNYA:

Sangat penting bagi sebuah situs web untuk mempertimbangkan aspek usability, user interface, dan user experience pengguna. Ketiga faktor ini dapat membantu suatu situs agar dapat terus bertahan dalam persaingan di dunia maya. Selain terbukti meningkatkan jumlah pengunjung, ketiga aspek tersebut juga sangat membantu dalam pembentukan citra kredibilitas situs dimata pengunjung.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s